Home / BERITA UTAMA / DAERAH / HUKRIM / INVESTIGASI / NASIONAL / TNI-POLRI / Uncategorized

Selasa, 10 Januari 2023 - 02:17 WIB

Inilah Penyebab Warga Kampung Banda Menyerahkan Karung Berisi Ganja Kepada Satgas Pamtas Yonif 132/BS

Foto: Inilah Penyebab Warga Kampung Banda Menyerahkan Karung Berisi Ganja Kepada Satgas Pamtas Yonif 132/BS

Foto: Inilah Penyebab Warga Kampung Banda Menyerahkan Karung Berisi Ganja Kepada Satgas Pamtas Yonif 132/BS

Keerom – Untuk kedua kalinya masyarakat perbatasan RI-PNG melaporkan penemuan ganja dan menyerahkannya kepada Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 132/BS Pos Waris tepatnya di Kampung Banda, Distrik Waris, Kab. Keerom, Provinsi Papua, Senin (9/1/2023).

Baru beberapa bulan menginjakkan kaki di Bumi Papua, Satgas Pamtas Yonif 132/BS beberapa kali mendapatkan penyerahan Narkotika jenis Ganja oleh masyarakat di perbatasan RI-PNG.

Foto: Inilah Penyebab Warga Kampung Banda Menyerahkan Karung Berisi Ganja Kepada Satgas Pamtas Yonif 132/BS

“Ini merupakan salah satu keberhasilan bagi Prajurit Bima Sakti dimana kegiatan pembinaan teritorial dan penyuluhan bahaya narkoba dapat diterima oleh masyarakat terutama di Distrik Waris,” kata Komandan Pos Waris yang dipimpin Letda Inf Sulaiman.

Penyerahan ini bermula ketika Bapak May (38) pulang dari kebun dan pada saat diperjalanan menemukan karung mencurigakan yang ternyata berisikan daun ganja yang belum diolah yang berlokasi di kebun vanili warga, setelah mengetahui bahwa karung yang ditemukan itu berisi barang haram maka Bapak May bergegas menuju ke Pos Waris yang dipimpin Letda Inf Sulaiman.

Baca juga  TINGKATKAN KETAHANAN FISIK, PRAJURIT YONMARHANLAN X LAKSANAKAN UNPD MATERI CROSS COUNTRY

“Saya tahu ini barang tidak baik dan dilarang, maka saya tergerak untuk membawa dan menyerahkan kepada Pos untuk diamankan,” ungkap Bapak May.

Setelah menerima penyerahan barang tersebut, Danpos Waris melaporkan hal tersebut kepada Kapten Inf Afrizal Ramadhan selaku Dankipur C untuk ditindak lanjuti dan dilaporkan kepada Dansatgas Pamtas Yonif 132/BS.

“Memang semenjak kami berada di Pos Waris, kami sering melakukan patroli dan sweeping untuk mempersempit ruang gerak bagi oknum yang melakukan aktivitas ilegal, selain itu kami melakukan upaya preventif yakni dengan melakukan penyuluhan tentang bahaya narkoba kepada masyarakat Distrik Waris,” ungkap Letda Inf Sulaiman.

Foto: Inilah Penyebab Warga Kampung Banda Menyerahkan Karung Berisi Ganja Kepada Satgas Pamtas Yonif 132/BS

Dengan adanya penyerahan seperti itu, diharapkan dapat menyadarkan masyarakat yang masih berhubungan dengan barang haram tersebut, selain dilarang barang tersebut tidak baik bagi kesehatan dan dapat menghancurkan masa depan generasi yang akan membangun Papua untuk lebih maju.

Baca juga  Perencanaan Partisipatif Libatkan Elemen Masyarakat

Hal yang sama disampaikan Dansatgas 132/BS saat dikonfirmasi mengatakan meskipun wilayah tugas terbentang dari Distrik Muara Tami hingga ke Distrik Waris, namun tidak akan pernah berhenti untuk berupaya mengamankan dan menjaga wilayah perbatasan RI-PNG dari aktivitas ilegal.

“Ini merupakan salah satu keberhasilan kami karena masyarakat sudah dengan penuh kesadaran untuk menyerahkan penemuan ganja tersebut dan menganggap Pos Waris sebagai tempat pengaduan masyarakat terhadap apa yang terjadi di sekitar pos TNI” ungkap Letkol Inf Ahmad Fauzi selaku Dansatgas.

Selanjutnya barang bukti berupa ganja seberat 240 gram tersebut akan dilaporkan dan diserahkan kepada Kolakopsrem 172/PWY untuk diserahkan pihak yang berwenang.

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenderawasih.

Share :

Baca Juga

Uncategorized

Polsek Pandih Batu Sambangi Masyarakat dengan Beri Imbauan

Uncategorized

Tekan Hotspot Dengan Sampaikan Sanksi Bagi Pelaku Pembakar Lahan

BERITA UTAMA

Babinsa Koramil 19/ Kuwarasan Bersama Personel Polsek Pengamanan Pagelaran Wayang Kulit

BERITA UTAMA

Disamping Tugas Sehari Harinya Anggota Satpolairud Berikan Edukasi Larangan Karhutla Menggunakan Media Spanduk

BERITA UTAMA

Bhabinkamtibmas Berikan Himbauan Karhutla kepada warga

BERITA UTAMA

Bersama Anggota, Ketua Persit Ranting 20 Koramil 19/ Kuwarasan Panen Sayuran Organik

BERITA UTAMA

Babinsa Koramil 19/ Kuwarasan Bersama Warga Kerjabakti Pembersihan Masjid Ciptakan Kenyamanan Dalam Beribadah

Uncategorized

Untuk Cegah Karhutla, Personil Satbinmas bersama Regu KRYD terus menerus Berikan Himbauan dan Sosialisasi Kepada Warga