Jum’at Curhat, Polda Kalbar Bahas Cyber Crime dan Minta Pengguna Sosmed Lebih Bijak

PONTIANAK || Targetnews.id Polda Kalimantan Barar Gelar Jum’at curhat dengan tema “Talking With Cyber Policy Polda Kalbar” di Warkop upgrade Kota Pontianak, Jum’at 27 Januari

Adapun Pembicara kegiatan tersebut yaitu lPS Kasubdit 1 Ditreskrimsus Kompol Belen Anggara Pratama, S.I.K., M.H, Kasubbid Penmas Akbp Prinanto, Kanit Subdit 5 Siber Ditreskrimsus Kompol Asep Mustopa Kamil, S.H., M.H, dan di ikuti mahasiswa BSI Pontianak dan siswa SMA Kemala Bhayangkari.

Kompol Asep Mustofa Kamil SH, MH
Kanit 1 subdit 5 Polda Kalbar mengatakan, kejahatan penipuan sebanyak 578 kasus dimana korban di lingkup Kalbar.

Baca juga  Ringkus Tersangka MS, Satresnarkoba Polresta Palangka Raya Sita 10 Paket Diduga Sabu Siap Edar

“Tentunya kita butuh waktu untuk memproses karena dimana banyaknya lokasi pelaku di luar wilayah Kalimantan Barat, untuk itu warga harus lebih waspada dalam berbelanja terutama belanja online dan harus teliti,” ungkapnya.

Ia menambahkan,beberapa kejahatan cyber bukan hanya penipuan online tetapi Video Call Seks (VCS) juga ada membuka pakaian merupakan teri masuk kejahatan Cyber.

lPs Kasubdit 1 Ditreskrimsus Kompol Belen Anggara Pratama, S.I.K., M menjelaskan, Secara umum Kejahatan cyber yaitu teknologi informasi terutama media di belanja online di berita hoax dan ujaran kebencian

“Terutama Smart dalam bersedia sosial dan berpikir bijak dalam melihat dan membaca agar tidak menjadi korban maupun pelaku cyber,” ujarnya.

Baca juga  Sampaikan Larangan Karhutla Kepada Masyarakat Oleh personil Polsek Jabiren Raya

Dikatakannya lagi, penggunaan dari teknologi informasi ataupun peran media sosial itu lebih dewasa dan lebih bijak lagi jadi peran polisi sebagai pembawa informasi yang informatif, masyarakat dalam penggunaan media sosial itu menjadi kunci untuk pencegahan

“Penyalahgunaan media sosial ataupun intinya selain dari inforsement prinsip dan preventif yang dilakukan Polda Kalimantan Barat itu tetap dilaksanakan terutama menjelang tahun politik sehingga tidak terjadi konflik baik itu dipicu maupun hoax,” katanya. (Reni/perwakilan Kalbar)

Share :

Baca Juga

Artikel

Patroli Stasioner di Kantor BAWASLU, yang dilaksanakan sat samapta dan memastikan aman.

Uncategorized

Upaya cegah Karhutla Satsamapta Polres Pulpis laks Patroli Dialogis dan berikan maklumat Kapolda

BERITA UTAMA

Senyum Lebar Menghiasi Lelah Anggota Satgas TMMD Ke 116 Regtas Dan Masyarakat Desa Lubuk Dagang.

BERITA UTAMA

Cegah Tindak Pidana Premanisme Polsek Maliku Gencarkan KRYD

Uncategorized

Sampaikan larangan Karhutla kepada masyarakat, saat laks Patroli Dialogis

Artikel

Cuaca Panas Dan Lembab Anggota Satpolairud Ajak Stop Buka Lahan Dengan Cara Membakar

BERITA UTAMA

Kegiatan rutin Personil Polsek Banama Tingang laks Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD) di depan mako Polsek Banama Tingang.

Artikel

Dandim Surabaya Utara Kunjungi Koramil dan Silaturahmi Ke Polsek Krembangan