Home / BERITA UTAMA / DAERAH / HUKRIM / INVESTIGASI / NASIONAL / TNI-POLRI / Uncategorized

Selasa, 10 Januari 2023 - 02:24 WIB

Upacara Penyambutan Satgas Satuan Organik Yonif Raider 301/PKS Kembali Purna Tugas Dari Daerah Operasi Puncak Jaya Papua Di Kolinlamil Jakarta

Foto: Upacara Penyambutan Satgas Satuan Organik Yonif Raider 301/PKS Kembali Purna Tugas Dari Daerah Operasi Puncak Jaya Papua Di Kolinlamil Jakarta

Foto: Upacara Penyambutan Satgas Satuan Organik Yonif Raider 301/PKS Kembali Purna Tugas Dari Daerah Operasi Puncak Jaya Papua Di Kolinlamil Jakarta

Jakarta – Kasdam III/Siliwangi Brigjen TNI Widjanarko mewakili Pangdam lll/Siliwangi Mayjen TNl Kunto Arief Wibowo pimpin upacara penyambutan Satgas Satuan Organik Yonif Raider 301/Pks, selesai melaksanakan tugas Operasi di wilayah Papua, bertempat di Dermaga Kolinlamil Tanjung Priok Jakarta Utara, Minggu (8/1/2023).

Dengan menggunakan KRI Teluk Hading (538) sebanyak 450 personel Yonif 301/Pks usai purna tugas, dibawah pimpinan Letkol Inf Mohammad Syaifuddin Fanany S.H., M.I.P tiba di Dermaga Kolinlamil Tanjung Priok Jakarta Utara.

Pangdam III/Siliwangi dalam amanatnya yang dibacakan Kasdam menyampaikan, “Selaku Pangdam III/Siliwangi beserta segenap jajaran Kodam III/Slw mengucapkan Selamat dan Penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh prajurit Satgas Satuan Organik Yonif Raider 301/Pks atas Dharma Baktinya yang telah melaksanakan Operasi Satgas Satuan Organik di wilayah Papua.

“Berhasil dalam tugas dan kembali lengkap itu adalah prestasi. Keberhasilan ini tentu saja memberikan rasa bangga yang tinggi tidak saja bagi Yonif Raider 301/Pks, tetapi juga Kodam III/Siliwangi dan masyarakat Jawa Barat,” tuturnya.

Lanjut dikatakannya, “Keberhasilan yang diraih Satgas Satuan Organik Yonif Raider 301/Pks selama di daerah penugasan diantaranya berhasil membentuk jaring terhadap sumber informasi dan data gerakan Kelompok Separatis Teroris Papua, melaksanakan Ambush pengawasan Perimeter sekitar Pos serta kegiatan Binter unggulan berupa Binter Kreatif (Ekonomi kreatif: Pembuatan kios, edukasi tata boga di SMAN 1 ILU, pangkas rambut, Furniture, Edukasi pembuatan kolam ikan dari Parit (Niyo Napunuk Yukwe Piyorak), penyelengaraan Natal bersama, pemberian kerajinan pohon Natal dari kayu kepada beberapa gereja, Sinterklas datang ke Puncak Jaya, bantuan tenaga pendidik/Pengetahuan Wasbang, Komsos dengan aparat pemerintah, masyarakat dan para tokoh yang berpengaruh) Pencapaian keberhasilan ini tentu saja memberikan dampak yang baik bagi masyarakat dan daerah penugasan.

Foto: Upacara Penyambutan Satgas Satuan Organik Yonif Raider 301/PKS Kembali Purna Tugas Dari Daerah Operasi Puncak Jaya Papua Di Kolinlamil Jakarta

“Dengan telah selesainya tugas operasi, maka secara formal Satgas Yonif Raider 301/Pks telah purna tugas dan akan segera kembali ke _home base_ di Cimalaka Kabupaten Sumedang. Pengalaman tugas Satuan ini akan menambah catatan sejarah Dharma bakti pengabdian Batalyon dalam kiprahnya menjaga kedaulatan NKRI. Catatan sejarah sebagai kebanggaan diri dan satuan Yonif Raider 301/Pks,” paparnya.

Baca juga  Babinsa Koramil 06/Sruweng Turut Mendampingi Penyaluran BLT DD 2023 Kepada 30 Warga Desa Menganti

Pangdam menegaskan, “Bahwa dengan telah berakhirnya tugas sebagai Satgas Organik di Papua, segera menyesuaikan diri dengan kondisi satuan dan lingkungan serta tidak larut dalam kegembiraan yang berlebihan, karena menurutnya hal ini akan berdampak negatif terhadap perilaku.

“Tugas ini hanyalah sebagian dari tugas-tugas yang lain. Masih banyak penugasan ke depan yang harus kalian tunaikan, terutama terkait dengan pengamanan wilayah dalam rangka menjaga kondusivitas negara untuk kepentingan pembangunan nasional,” tegasnya.

Mengakhiri amanatnya, Pangdam perintahkan kepada Danyon Letkol Inf Mohammad Syaifuddin Fanany dan unsur pimpinan di satuan Yonif Raider 301/Pks segera laksanakan konsolidasi dan inventarisasi baik personel maupun materiil, membuat laporan secara lengkap, akurat dan benar, terutama munisi, bahan peledak dan senjata, sehingga semua alat peralatan satuan dapat dipertanggungjawabkan penggunaannya.

Baca juga  Bhabinkamtibmas cek sekat kanal dan Himbauan cegah Karhutla

Selain itu, Pangdam juga mengingatkan agar memperhatikan faktor keamanan saat Serpas menuju home base dan saat pelaksanaan cuti operasi serta mengecek kesehatan prajurit dan segera beradaptasi dengan kegiatan dan program kerja di satuan.

Dalam kesempatan itu dilaksanakan penyerahan Piagam Penghargaan Satya Lencana Wira Dharma secara simbolis kepada Danyonif Raider 301/Pks dan perwakilan prajurit terbaik Satgas oleh Kasdam III/Slw dan penyerahan buku laporan Purna Tugas oleh Danyonif Raider 301/Pks kepada pimpinan upacara (Kasdam).

Acara tambahan, pengarahan Kasdam III/Slw kepada Satgas Satuan Organik Yonif Raider 301/Pks, Kasdam meminta yel-yel kepada Satgas, dan begitu menggelegarnya yel-yel seakan-akan menggoyangkan lapangan Kolinlamil. Kasdam III/Slw dan tamu yang hadir, ikut terharu melihat yel-yel yang dipersembahkan Satgas, “Luar biasa, saya bangga kepada kalian, tetap Semangat,” ucap Kasdam diakhir pengarahannya.

Selesai pegarahan, dilanjutkan pemeriksaan materiil yang dibawa perorangan maupun satuan dipimpin Wadanpomdam III/Siliwangi serta pemeriksaan kesehatan. Selanjutnya Satgas yang purna tugas kembali ke Kesatuan Yonif Raider 301/PKS di Cimalaka Kab. Sumedang, Jabar.

Turut hadir pada acara tersebut, Irdam dan Kapok Sahli Pangdam III/Siliwangi, Dansatlinlamil TNI AL, Dandenma Kolinlamil TNI AL, Komandan Kapal Teluk Hading 358, Danrindam III/Siliwangi, Asops, Aspers dan Aslog Kasdam III/Slw, Pa Liaison Officer TNI AL dan AU, Kahubdam, Kapaldam, Katopdam, Kabekang, Kakesdam, Kapendam, Kaajendam III/Slw, Danbrigif 15 Kujang II, Waasintel, Wadanpomdam, Dandenzibang Bogor serta para Danyon jajaran Kodam III/Slw.

Share :

Baca Juga

Uncategorized

Laksanakan Patroli, Polresta Palangka Raya Cegah Aksi Balapan Liar

Artikel

Bhabinkamtibmas Sosialisasi Aplikasi Super APP Polres Pulpis

BERITA UTAMA

Kodim Surabaya Utara Terima Kunjungan Tim Pengawasan Post Audit Intern Itdam V/Brawijaya

BERITA UTAMA

Babinsa Koramil 19/ Kuwarasan Menghadiri Musdes Penetapan Perubahan APBDesa TA. 2023 Desa Mangli

BERITA UTAMA

MAN 1 Brebes Raih Empat Awards Dalam Kompetisi Robotika Internasional

BERITA UTAMA

Kata Masyarakat soal Lintasan Baru Ujian Praktik Pembuatan SIM C: Lebih Mudah

BERITA UTAMA

Tingkatkan Ekonomi Masyarakat TMMD Sengkuyung Tahap III Kodim 0709/Kebumen Gelar Penyuluhan Perikanan

Artikel

Amankan Rekapitulasi Nasional Wujud Komitmen Polri Sukseskan Pemilu 2024 Aman dan Damai