Home / Artikel / BERITA UTAMA / DAERAH / HUKRIM / INVESTIGASI / Tag / Uncategorized

Kamis, 28 Maret 2024 - 13:53 WIB

BUMN Dukung Penuh Penyelenggaraan Mudik Asyik Bersama BUMN 2024

Penyelenggaraan Mudik Asyik Bersama BUMN 2024

Penyelenggaraan Mudik Asyik Bersama BUMN 2024

 

Jakarta, 20 Maret 2024, TargetNews.id BUMN berkomitmen penuh dalam mendukung penyelenggaraanmudik yang lancar, aman, dan nyaman dalam menciptakan pengalaman mudik ceria dan penuhmakna. Beberapa BUMN yang terlibat dalam penyelenggaraan mudik kali ini diantaranya PTJasa Marga (Persero) Tbk, PT Kereta Api Indonesia (Persero), dan PT Jasa Raharja.Dalam konferensi pers Peran BUMN dalam Mudik Lebaran Tahun 2024 yang berlangsung diMedia Center, Kementerian BUMN, Jakarta.

Direktur Utama Jasa Raharja Rivan A.Purwantono, menyampaikan bahwa berdasarkan update terakhir, program mudik gratis bertema“Mudik Asyik Bersama BUMN” tahun ini diikuti sebanyak 88 BUMN. Tahun ini, setidaknya ada88 BUMN yang turut berpartisipasi yang siap melayani lebih dari 80.215 pemudik.

Para pemudik akan diberangkatkan melalui tiga moda transportasi, yakni 1.225 unit bus, 60 unitkereta api dan 15 unit Kapal Laut dengan tujuan lebih dari 200 kota yang tersebar di seluruhwilayah Indonesia.“Salah satu tujuan dari mudik gratis ini, antara lain untuk membantu masyarakat ekonomimenengah ke bawah dan meminimalisir risiko kecelakaan lalu lintas dengan pengalihanpenggunaan sepeda motor ke moda bus, kereta api, dan kapal,” ujar Rivan.

Pendaftaran Mudik Bersama BUMN 2024 yang telah dibuka secara online sejak beberapaminggu kini sudah memasuki tahap verifikasi data. Rencananya, seremonialpemberangkatannya, yakni kereta api dari Stasiun Pasar Senen pada 2-4 April, dankeberangkatan bus dari Silang Monumen Nasional, Jakarta, pada 5 April 2024.

Lebih lanjut Rivan menyampaikan bahwa selain turut serta menyelenggarakan mudik gratis,setiap tahun Jasa Raharja juga selalu berkontribusi aktif dalam berbagai kegiatan danpengamanan Operasi Ketupat yang dilaksanakan Kepolisian. Tahun ini, salah satu langkahstrategis yang dilakukan Jasa Raharja adalah berkoordinasi aktif dengan 5 pilar keselamatanlalu lintas melalui Forum Komunikasi Lalu Lintas (FKLL), berkontribusi aktif dalam 22 pospelayanan terpadu, menyiapkan 102 mobil unit keselamatan lalu lintas.“Tentunya kami juga terus bersinergi dalam berbagai program pencegahan kecelakaan,meningkatkan kepatuhan dan ketertiban masyarakat, hingga melakukan survei jalur untukpemetaan titik-titik wilayah yang menjadi lokasi rawan kecelakaan di sepanjang jalur mudik,”ujar Rivan.

Khusus mudik gratis yang dilaksanakan Jasa Raharja, ditargetkan dapat mengangkut 20 ribupemudik ke berbagai wilayah di Indonesia. Jasa Raharja telah menyiapkan sedikitnya 104 busdan 26 rangkaian kereta api.Sementara itu, PT Kereta Api Indonesia (Persero) akan menyelenggarakan angkutan Lebaran2024 selama 22 hari yakni 31 Maret s.d 21 April 2024. Selama periode tersebut, KAImenyiapkan 4.222.058 tempat duduk yang terdiri dari 3.283.204 tempat duduk KA Jarak Jauhdan 938.854 tempat duduk KA Lokal. Jumlah ini lebih banyak 10% dibandingkan realisasipenumpang Angkutan Lebaran 2023 yakni sebanyak 3,8 juta penumpang.

Baca juga  Piket siaga polsek sampaikan Larangan Membakar Hutan dan Lahan.

Pada Angkutan Lebaran 2024 ini, total terdapat 8.678 perjalanan kereta api Jarak Jauh danLokal atau rata-rata 394 perjalanan KA per hari. Jumlah total perjalanan KA tersebut sudahtermasuk 1.242 perjalanan KA tambahan yang terdiri dari 1.154 perjalanan KA Jarak Jauhtambahan dan 88 perjalanan KA Lokal tambahan.Guna mendukung perjalanan kereta api pada masa Angkutan Lebaran tersebut, KAImenyiapkan sarana berupa 472 unit lokomotif, 1.872 unit kereta, dan 99 unit KRD.“Kami memprediksi puncak arus mudik terjadi pada H-4 Lebaran atau pada tanggal 6 April2024. Adapun puncak arus balik terjadi pada H+3 Lebaran atau pada tanggal 14 April 2024,”ujar Direktur Niaga KAI Hadis Surya PalapaBerbagai fasilitas tambahan KAI hadirkan pada periode Angkutan Lebaran 2024 untuk semakinmeningkatkan pelayanan kepada pelanggan.

Di antaranya pemberian takjil gratis kepadapelanggan di 21 stasiun besar pada H-10 s.d H-1 Lebaran atau tanggal 31 Maret s.d 9 April2024.KAI juga menyiagakan petugas Customer Service Mobile (CSM) sebanyak 150 orang yangtersebar di 33 stasiun untuk membantu pelanggan secara fleksibel. Serta menambah 591petugas tenaga kebersihan yang akan memastikan kondisi kereta api dan stasiun senantiasabersih dan higienis.“KAI berkomitmen mewujudkan perjalanan mudik dengan aman, nyaman, dan tepat waktu.Sehingga kereta api tetap menjadi pilihan utama masyarakat untuk mudik dengan ceria danpenuh makna,” tutup Hadis.

Layanan Berbasis TeknologiJasa Marga memprediksi pada arus mudik sebanyak 1,86 juta kendaraan meninggalkanwilayah Jabotabek pada H-7 s.d H2 Hari Raya Idul Fitri 1445H/2024 yang jatuh pada periode 3April – 11 April 2024. Sementara itu, untuk prediksi arus balik, jumlah kendaraan masuk wilayahJabotabek pada H1 s.d H+7 Hari Raya Idul Fitri 1445H/2024 yang jatuh pada periode 10 April -18 April 2024 adalah sebanyak 1,92 juta kendaraan.Sebagai upaya menjaga Standar Pelayanan Minimal (SPM) tetap optimal dan mengantisipasipotensi kepadatan yang terjadi selama arus mudik dan balik untuk Hari Raya Idul Fitri 1445 H,Jasa Marga telah menyiapkan strategi kesiapan operasi dan peningkatan sejumlah pelayanandi jalan tol Jasa Marga Group.

Direktur Operasi Jasa Marga Fitri Wiyanti menjelaskan,peningkatan volume lalu lintas akan diimbangi dengan peningkatan sejumlah layanan operasiberbasis teknologi.“Melalui Intelligent Transportation System (ITS) yang diimplementasikan dalam super-app JasaMarga Integrated Digitalmap (JID), teknologi ini digunakan oleh Jasa Marga Tollroad CommandCenter (JMTC) dalam menjawab kebutuhan dalam pengelolaan pelayanan jalan tol yangterintegrasi sekaligus menjadi sumber dari pusat informasi lalu lintas. Tidak hanya membantuoperasional petugas Jasa Marga, teknologi ini juga digunakan untuk memberikan informasimengenai kondisi lalu lintas dan rest area di jalan tol secara real time kepada pengguna jalanmelalui Aplikasi Travoy,” ujar Fitri.

Baca juga  Bhabinkamtibmas Sambangi Warga Sekaligus Sisipkan Pesan Kamtibmas

Fitri juga menyebutkan peningkatan layanan teknologi yang digunakan dapat menghasilkandata dan informasi yang kemudian dianalisa oleh sejumlah Expert Talent di Jasa Marga. DataInstagram: @kai121_ & @keretaapikitaMobile Apps: Access by KAI

Ini dimanfaatkan secara optimal oleh para Pemangku Kepentingan selaku pengambil keputusanterutama dalam melakukan rekayasa lalu lintas untuk mengoptimalkan kapasitas jalan tol untukmenghindari penumpukan kendaraan.Untuk memantau kapasitas maksimal yang dapat ditampung di ruas jalan tol, Jasa Margamenggunakan teknologi digital counting berbasis Radar dan CCTV Analytic berbasis ArtificialIntelligence (AI) dengan memperhatikan standar yang disepakati yakni kecepatan minimum 40Km/jam, kapasitas maksimum jalan tol dengan V/C ratio di bawah 0,8, masa transisi selamakurang lebih 2 jam, dan faktor keselamatan“Sebagai dasar pengambilan kebijakan, kami juga memasang radar traffic counting sejumlah159 unit di Jabodetabek, Transjawa serta rest area untuk meningkatkan kecepatan dan akurasipengambilan keputusan rekayasa lalu lintas.

Tidak hanya itu kami juga telah menambah GoogleHit pada jalur arteri Jakarta-Malang dan Bali sejumlah 195 titik untuk pemantauan kecepatanrata-rata di sekitar jalan tol dan antisipasi kepadatan. Sedangkan untuk ruas Jakarta-Cikampekkami juga telah mengoperasikan Lane Control Signal (LCS) sebanyak 4 titik untuk pengaturanlajur Contraflow dalam mengoptimalkan okupansi lajur Contraflow,” jelas Fitri.

Seluruh layanan teknologi ini juga dapat digunakan pengguna jalan dalam Aplikasi Travoy yangmudah diakses melalui smartphone. Jasa Marga juga telah menambah fitur terbaru AplikasiTravoy yakni Travoy Journey yang dapat memberikan informasi mengenai estimasi jarak, waktutempuh, tarif tol, informasi lalu lintas, CCTV real time, rest area yang akan dilalui, informasipada Dynamic Message Sign (DMS) hingga kecepatan rata-rata selama rute perjalanan.Untuk peningkatan layanan di rest area, Jasa Marga melalui anak usahanya PT JasamargaRelated Business memastikan fasilitas dan pelayanan di 59 Rest Area, 2 Rest Area Fungsional,dan 1 Rest Area alternatif di Ciperna Barat (Kantor Representative Office 2 PT JTT) yang dikelola oleh Jasa Marga Group berjalan dengan optimal.

Jasa Marga juga mendukung programpercepatan penggunaan kendaraan listrik berbasis baterai dengan menyediakan StasiunPengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di 49 titik rest area, bertambah dari sebelumnyayang berjumlah 17 titik.Demikian siaran pers ini dibuat untuk disebarluaskan sebagaimana mestinya.*(reni)

Share :

Baca Juga

Uncategorized

Stop Peti Personil Polsek Banama Tingang Himbau Masyarakat Agar Stop Lakukan Penambangan Liar Yang Dapat Merusak Lingkungan

Artikel

Pingin Tahu Capaian Kinerja Kejati Jatim Tahun 2024, Simak Berikut Ini

Artikel

Ops Keselamatan, Sat Lantas Polres Pulang Pisau Bagikan Pamflet dan Brosur Kepada Pengguna Jalan

BERITA UTAMA

IWAKK Walet Emas Gelar Silaturahmi di TMII Jakarta

Uncategorized

Babinsa Koramil 22/Ayah Gelar Musdes Bersama Pemdes Watukelir

BERITA UTAMA

Hari Bhayangkara ke – 77 Polri Pecahkan Rekor MURI Latihan BHD

BERITA UTAMA

Datangi Warga, Polsek Rakumpit Ajak Kurangi Potensi Karhutla

Artikel

TNI AD Manunggal Air, Rumah Warga Desa Ciomas Dipasang Pipa Air Bersih