Home / BERITA UTAMA / DAERAH / HUKRIM / INVESTIGASI / NASIONAL / TNI-POLRI / Uncategorized

Jumat, 13 Januari 2023 - 09:23 WIB

Bupati Umi Minta Cacaban Culture Festival Masuk Kalender Wisata Tahunan

Kedungbanteng – Dinilai mampu memperkuat citra kawasan Waduk Cacaban sebagai destinasi wisata unggulan sekaligus melestarikan kesenian dan budaya lokal, Bupati Tegal Umi Azizah minta penyelenggaraan Cacaban Culture Festival (CCF) digelar rutin setiap tahunnya dan masuk ke dalam kalender event wisata tahunan Kabupaten Tegal.

Hal tersebut disampaikan Bupati Umi saat membuka acara CCF 2022 yang dipusatkan di dermaga objek wisata Waduk Cacaban, Jumat (30/12/2022).

Menurutnya, penyelenggaraan CCF oleh komunitas seniman dan budayawan yang sempat terhenti selama pandemi lalu terbukti mampu menarik minat masyarakat. Selain wisatawan yang datang khusus menikmati acara hiburan seni dan budaya, peserta tari massal yang melibatkan anak sekolah juga mengikutsertakan keluarganya untuk datang dan berkunjung ke objek wisata air terbesar di Kabupaten Tegal ini

“Mudah-mudahan, ini (CCF) tidak saja menghibur, tapi siapapun yang menyaksikannya juga bisa memaknai esensi pelestarian budaya masyarakat lokal Kabupaten Tegal yang kaya akan tradisi, adat istiadat, dan kesenian tradisionalnya,” kata Umi.

Baca juga  Sambangi Warga Binaan, Polsek Sabangau Ajak Pelihara Kamtibmas

Seiring pesatnya perkembangan seni kontemporer yang mendominasi ruang-ruang publik, ruang media sosial, Umi berharap upaya pelestarian seni budaya lokal tidak lantas ditinggalkan. Seni dan budaya lokal harus terus dilestarikan, dikembangkan dan dikemas makin menarik.

“Tantangan pelestarian budaya ini bukan hanya pada soal penyelenggaraan pertunjukan seni tradisinya saja yang peru diintensifkan, tapi juga bagaimana mengemasnya menjadi tontonan yang menarik, sehingga lebih mudah masuk dan diterima publik, terutama generasi muda,” ujarnya.

Mengakhiri sambutannya, Umi pun meminta perangkat daerah pengampu, budayawan, pelaku seni dan generasi muda untuk terus menumbuhkan kecintaannya pada budaya lokal.

“Terus semangati anak-anak kita, ajak dan kenalkan mereka pada seni tari endel, sintren, kuntulan dan sebagainya demi menjaga dan merawat warisan budaya tak benda ini,” ujarnya.

Baca juga  Antisipasi Gangguan Kamtibmas Polsek Maliku Melaksanakan Kryd

Di tempat yang sama, Ketua Panitia CCF 2022 Suharno atau yang akrab dipanggil Ki Sengkek mengungkapkan jika acara ini telah dipersiapkan pihaknya sejak enam bulan lalu.

“Kami, para seniman juga budayawan mempersembahkan karya terbaik kami untuk menyongsong tahun baru, sekaligus mempopulerkan objek wisata Cacaban yang tidak hanya dikenal karena pesona alamnya saja yang elok, tapi juga atraksi seni budaya Kabupaten Tegal,” ujar Ki Sengkek.

Ia pun berharap, melalui event semacam ini seniman dan budayawan khususnya di Kabupaten Tegal semakin kompak dan bersatu dalam memajukan dan melestarikan budaya Kabupaten Tegal.

Acara yang berlangsung selama dua hari, dari Jumat (30/12/2022) siang hingga Sabtu (31/12/2022) malam dimeriahkan persembahan tari endel massal, tari sakraleng benggala cacaban, pentas musik akustik dan lagu-lagu Tegalan, dan wayang santri dengan dalang Ki Haryo Enthus Susmono. (Fauzi)

Share :

Baca Juga

Artikel

Selalu aktif jaga silahturahmi, Bahbinkamtibmas sambangi warga binaan dan memberikan kartu nama

BERITA UTAMA

Urai Kemacetan Jelang Arus Balik Lebaran Tahun 2023 Di Kab.Lamongan,Ini Yang Di Lakukan Personil Gabungan

Uncategorized

Batituud Koramil 04/Kra Laksanakan Pembinaan Siswa dan Pemberian Materi PBB Terhadap Siswa SMK Bina Karya Karya 1 Karanganyar

Uncategorized

Sambang ke Masyarakat, Personel Polsek Maliku Lakukan Sosialisasi dan Imbauan

Artikel

Minimalisir Potensi Gangguan Kamtibmas Polsek Maliku Laksanakan Kryd.

Artikel

Tak Hanya Patroli ini yang dilakukan Piket siaga Polsek Maliku

BERITA UTAMA

PMI Kab Tegal Siagakan Relawan untuk PAM Lebaran 2024

Uncategorized

Sosialisasikan Kartu Dumas Presisi Oleh Personil Polsek Kahayan Tengah Saat Sambang Ke Masyarakat