Polresta Palangka Raya – Seksi Propam (Sipropam) kembali bergerak menggelar Operasi Penegakan Ketertiban dan Kedisiplinan (Gaktibplin) pada polsek jajaran Polresta Palangka Raya, Polda Kalteng, Selasa (25/7/2023) pagi.
Operasi Gaktibplin kali ini dilakukan oleh Kasipropam, Ipda Yudi Wahyudi dan para personel pada Polsek Bukit Batu di Jalan Tjilik Riwut Km. 33, Kelurahan Banturung, Kecamatan Bukit Batu, Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, mulai pukul 08.00 WIB.
Setibanya di sana, Kasipropam dan personel melakukan kegiatan dengan memeriksa para personel Polsek Bukit Batu yang hadir pada saat itu, yakni mulai dari sikap tampang, penggunaan gampol hingga kelengkapan surat administrasi diri.
“Seorang anggota Polri wajib berpenampilan bersih dan rapi mulai dari rambut hingga sepatu, serta menggunakan seragam polisi atau gampol maupun atribut yang sesuai dengan ketentuan dan SOP Polri,” tegas Ipda Yudi Wahyudi.
Selain itu, Seksi Propam juga melakukan pemeriksaan terhadap kelengkapan administrasi diri para personel, seperti KTP, SIM, KTA dan bukti administrasi bagi yang memegang dan menggunakan senjata api (senpi) inventaris dinas.
“Anggota yang memegang senpi wajib memiliki surat izin maupun surat perintah yang harus selalu di bawa, sebagai bukti legalitas administrasi dan dapat dipertanggungjawabkan saat digunakan dengan SOP yang berlaku,” tutur Ipda Yudi.
Setelah itu, pemeriksaan lainnya pun juga dilakukan oleh Sipropam Polresta Palangka Raya, diantaranya seperti tes narkotika hingga pemeriksaan barang inventaris kesatuan dan kendaraan bermotor (ranmor) dinas.
Yudi Wahyudi menegaskan, Operasi Gaktibplin akan terus dilakukan secara rutin pada kesatuannya, sebagai wujud nyata keseriusan membangun serta meningkatkan kualitas SDM serta mencegah terjadinya tindak pelanggaran yang dilakukan oleh para personel kesatuan hingga jajaran.
“Operasi Gaktibplin akan terus dilakukan oleh Seksi Propam, demi menjaga nama baik Polresta Palangka Raya beserta polsek jajaran dan mencegah adanya tindak pelanggaran yang dilakukan personel, serta meningkatkan kualitas pelayanan dan pelaksanaan tugas,” tegasnya. (pm)