Mahasiswa Kelompok II KKN-T (Kuliah Kerja Nyata-Tematik) Universitas Malikussaleh mengadakan kegiatan Sosialisasi tentang Strategi dan Pengembangan Bisnis melalui Pemasaran Digital dan Analisis SWOT di Desa Reuleut Barat, Kec. Muara Batu, Kab. Aceh Utara, Rabu (18/01/2023)
.
Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja dari Kelompok II KKN-T UNIMAL. Dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat membuat para pelaku UMKM harus dapat beradaptasi guna mengembangkan bisnis mereka, terutama dengan penggunaan Digital Marketing sebagai media branding maupun marketing dari UMKM. Diperlukan pemberdayaan UMKM dalam beradaptasi dengan dunia digital saat ini, maka dilakukan pelaksanaan program kerja dari KKN-T kelompok II dengan pemberian edukasi terhadap Strategi dan Pengembangan Bisnis melalui Pemasaran Digital dan Analisis SWOT
.
Dimana tujuannya untuk memberikan edukasi serta melatih para pelaku UMKM terkait pentingnya strategi pemasaran secara digital dan Teknik analisis SWOT serta pemakaian platform shopee sebagai media branding dan perluasan pemasaran produk secara online.
.
Dalam kegiatan ini, para pelaku usaha diberi pemahaman secara langsung oleh mahasiswa/I KKN-T.
Bagas Aulia Alfasyam selaku pemateri dalam kegiatan ini menyampaikan kepada seluruh peserta bahwasannya kegiatan ini dapat membantu para pelaku usaha untuk mengembangkan bisnisnya dengan memanfaatkan sosial media . “kegiatan ini dilakukan untuk memudahkan para pelaku usaha dan membantu pemasaran produk dan jasa kepada masyarakat luas dengan melalui media sosial” ujarnya.
“Kelompok II KKN-T juga berharap Program kerja ini diharapkan menjadi jalan awal bagi UMKM tersebut dalam mengembangkan bisnisnya terutama pada promosi, branding, serta marketing UMKM tersebut”. Tutup Nazwa
Penulis Nazwa Mutia Andini Mahasiswa Universitas Malikussaleh(Lim)