Home / Artikel / BERITA UTAMA / DAERAH / HUKRIM / INVESTIGASI / KESEHATAN / NEWS / Tag / TNI-POLRI / Uncategorized

Selasa, 22 Oktober 2024 - 00:23 WIB

Ketiga Paslon Kada & Wakada Batu, Berimbang Dalam Visi Misi Nya

Foto: Debat Publik ketiga Paslon Calon Kada dan Wakada Kota Batu periode 2024-2029.

Foto: Debat Publik ketiga Paslon Calon Kada dan Wakada Kota Batu periode 2024-2029.

 

KOTA BATU, TargetNews.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batu melaksanakan program debat publik pada ketiga pasangan calon Wali kota dan Wakil Walikota Batu di Pilkada 2024. Debat ketiga paslon Kada dan Wakada Batu terdiri dari paslon nomor urut 1, Nurochman+Heli Suyanto, paslon nomor urut 2 Firhando Gumelar + H.Rudi, dan paslon nomor urut 3 Kris Dayanti + Kresna Dewanata Phrosakh.

Acara debat publik pasangan calon Wali kota dan Wakil Walikota Batu di periode 2024 – 2029 di gelar langsung secara terbuka dan terbatas di Hotel Golden Tulib Desa Oro Oro Ombo Kecamatan Batu Kota Batu. Acara yang sedianya di gelar pada pukul 19.00 WIB hingga selesai. Debat paslon itu KPU Batu mengundang seluruh paslon, Ketua Partai politik, serta pendukung ketiga palon,”Senin (21/10/24).

“Debat publik paslon Kada dan Wakada juga mengundang Forkopimda, pejabat vertikal, Kepala desa dan Kelurahan, Ormas, Tokoh masyarakat, Tokoh Agama dan perwakilan masyarakat. Terlepas dari itu, KPU Kota Batu juga menghadirkan Panelis dan dari Akademisi untuk memandu jalanya debat publik paslon Kada dan Wakada 2024.

Ketua KPU Kota Batu Heru Joko Purwanto mengatakan, kami selalu penyelenggara Pilkada 2024 ini sesuai Peraturan dan Undang Undang KPU wajib memfasilitasi baik kampanye maupun dalam bentuk debat publik ini.

Baca juga  Sampaikan Maklumat Kapolda Kalteng, Ini Tujuan Satpolair Polres Pulpis

Sedangkan dalam debat publik KPU menghadirkan 5 Panelis, Dr. A Faidlal Rahman,SE,PAR.,M.Sc, Dr, Herlindah, S.H.,M.Kn, Adi Setiawan, S. P.,M.P., PH.D, Dr. Iwan Nurhadi,S.Sos, M. Si. dari Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Malang, UMM, juga dari narasumber umum yang sesuai bidangnya.

“Di gelaran debat publik di ketiga paslon ada 6 segmen yang akan dilakukan, pertama dari ke tiga paslon akan memaparkan visi misi nya, dan segmen kedua masing-masing paslon akan saling melempar pertanyaan, dan pada segmen ketiga ketiga paslon akan menerima pertanyaan dari ke 5 panelis. Sedangkan untuk segmen ke 4-6 ketiga paslon akan saling lempar dan menjawab secara bergantian,”papar Heru Joko Purwanto.

Sedangkan dari debat terbuka ini, masing-masing paslon bisa menyertakan Tim pemenangan atau pendukungnya maksimal 56 orang. Sedangkan untuk masa pendukung paslon harus mentaati tata tertib yang sudah disampaikan. Pertama tidak diperkenankan membawa alat penggerak kampanye (APK) terkecuali yang nempel di badan saja.

“Dari acara debat publik secara terbuka akan dibatasi waktunya sejak awal sampai akhir acara debat dengan durasi waktu total 180 menit. Dalam pelaksanaan debat jika ada masa pendukung yang sengaja membawa APK atau sejenisnya, maka akan bisa di amankan oleh pihak petugas keamanan,”ujar Ketua KPU.

Baca juga  Bhabinkamtibmas Food Estate Bagikan Himbauan Karhutla dan Maklumat Kapolda Kalteng

Untuk faktor pengamanan acara debat melibatkan anggota Polres Batu + Satpol PP sejumlah 140 personil. Yang disebar ada tiga ring, untuk yang di dalam ruangan debat ada 60 personil, sedangkan yang tersebar di luar ruangan 80 personil. Di instruksikan dalam acara debat paslon, tidak diperkenankan pertanyaan atau statemen yang sifatnya saling mengumpat atau saling menjatuhkan antara paslon satu dengan paslon lainya.

“Ajang debat publik ini tujuannya untuk menampilkan/memaparkan gagasan, ide yang bisa diterima oleh calon pemilih tetap yang cerdas. Karena sesuai data daftar pemilih tetap pilkada Batu berjumlah 166.942 orang. Maka seluruh paslon akan bisa membuat simpatik atau menarik pemilih dengan ide atau program-program yang bisa diterima oleh seluruh warga Kota Batu, sesuai dinamika Kota Batu saat ini,”imbuh Heru.

Dari uraian program debat publik paslon yang secara global dalam pembahasan dan pertanyaan adalah pada peningkatan dunia pariwisata lebih maju, pengelolaan sampah berkelanjutan di mulai dari desa hingga perkotaan.mempertahankan lingkungan hidup di sektor Perhutani dan sumber daya air yang kuat serta menjaga lingkungan hidup di seluruh kawasan yang ada di tiga Kecamatan Batu, Kecamatan Bumiaji dan Kecamatan Junrejo Kota Batu,.

Pewarta : (Wanto)

Share :

Baca Juga

Uncategorized

Cegah Tindak Pidana Premanisme, Polsek Maliku Gencarkan KRYD

Artikel

Jaga Kebugaran Tubuh, Kapolres Pulang Pisau Gowes Bareng Personil

Uncategorized

BHABINKAMTIBMAS LAKS GIAT SOSIALISASI SABER PUNGLI KEPADA WARGA MASYARAKAT

Artikel

Danyonif 6 Marinir Sematkan Pangkat Baru Kepada Prajurit Nanggala

Artikel

Letkol Marinir Agus Hariyanto Resmi Jabat Aspers Danpasmar 1

BERITA UTAMA

Prajurit Yonif 1 Marinir Ikuti Safari Intelijen Dan Hukum Pasmar 2

Artikel

Polres Ketapang Terjunkan 70 Personel, Amankan Perayaan Imlek Dan Cap Gomeh Di Ketapang

Uncategorized

Penuh Khidmat Prajurit Yonif 1 Marinir Ikuti Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan RI Ke – 78 Di Mako Pasmar 2