Home / Artikel / BERITA UTAMA / HUKRIM / INVESTIGASI / Tag / TNI

Senin, 5 Februari 2024 - 11:20 WIB

Kodim 0713 Berbes Peringati Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1445 H di Masjid Darut Taqwa

Kodim 0713 Berbes Peringati Isra' Mi'raj Nabi Muhammad SAW 1445 H di Masjid Darut Taqwa

Kodim 0713 Berbes Peringati Isra' Mi'raj Nabi Muhammad SAW 1445 H di Masjid Darut Taqwa

 

Brebes – Kodim 0713 Brebes, Korem 071 Wijayakusuma memperingati Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1445 H / 2024 M diikuti oleh Prajurit dan PNS dengan mengangkat Tema “Aktualisasi Nilai-Nilai Isra Mikraj dan Pengamalan Ibadah di tengah Terpaan Digitalisasi” di Masjid Darut Taqwa Makodim Jalan Pusponegoro 5 Brebes, Jawa Tengah. Senin (05/02/2024).

Pada Peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Besar Muhammad SAW ini, Komandan Kodim 0713 Brebes Letkol Infanteri Sapto Broto, S.E., M.Si melalui Danramil 03 Wanasari Kapten Cpl Akhmad Choerul Huda mengajak seluruh prajurit dan PNS bahwa dalam peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW harus dapat dijadikan sebagai momentum untuk memotivasi diri guna meningkatkan amal ibadah kepada Allah SWT.

Selain bertujuan untuk meningkatkan iman dan taqwa keluarga besar Kodim 0713 Brebes, kegiatan peringatan Isra’ Mi’raj ini juga sebagai pencerahan jiwa dan introspeksi diri untuk mengaktualisasikan nilai-nilai agama, terutama menteladani Nabi Muhammad SAW untuk menata kehidupan beragama, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara yang lebih baik lagi.

Baca juga  Babinsa Koramil 06/Sruweng Bantu Warga Membuat Rabat Beton Jalan Desa

“Dengan demikian kita dapat lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT, dapat lebih baik menjalankan perintahnya sekaligus dapat menjauhi segala larangan-larangannya, serta jadikan peringatan Isra Mi’raj sebagai sumber inspirasi dalam menyongsong tugas-tugas mendatang”, tutur Kapten Cpl Akhmad Choerul Huda.

Sementara itu, H.Amad Imam. S.Ag dari Bulakamba dalam ceramahnya menjelaskan, Isra Mi’raj adalah perjalanan penting Nabi Muhammad yang terjadi pada tahun kedelapan kenabiannya, serta banyak dikenal dengan peristiwa bulan terbelah.

“Peristiwa Isra Mi’raj terjadi karena pada saat peristiwa tersebut, Nabi Muhammad sedang dalam keadaan sedih, atau disebut tahun kesedihan, karena meninggalnya ayah serta pamannya, Maka dari itu, pada satu malam, Allah memberikan perjalanan pada hambanya,” paparnya.

Dirinya menambahkan, keutamaan Isra Mi’raj adalah untuk meningkatkan jiwa spiritual dengan kebesaran-kebesaran Allah yang telah tercantum dalam Al-Qur’an. Amalan utama pada hari Isra Mi’raj adalah salat, selawat, dan amalan baik lainnya yang memberi hikmah untuk taat kepada perintah Allah.

Baca juga  Personel Satlantas Polres Pulang Pisau Lakukan Pengaturan Pagi

Tidak ada tata cara dan ketentuan khusus mengenai hukum memperingati Isra Mi’raj. Isra Mi’raj sendiri dapat diperingati kapan saja, namun akan lebih baik lagi jika diperingati di Bulan Rajab karena Isra Mi’raj juga biasa disebut dengan Rajaban, yaitu tradisi yang digelar di berbagai daerah untuk memperingati Isra Mi’raj.

“Membaca Al-Qur’an, perbanyak salat sunnah hingga bersolawat, serta amalan-amalan baik lainnya adalah cara kita sebagai umat muslim untuk mendapatkan rahmat dari Allah SWT Menjaga kekhusyukan salat, serta meningkatkan iman dan takwa adalah sedikit dari banyaknya hikmah dibalik Isra Mi’raj,” tutup H. Amad Imam. (Pen0713)

Share :

Baca Juga

BERITA UTAMA

Apel Pemberangkatan Cuti Lebaran Anggota Kodim 0727 Karanganyar

BERITA UTAMA

Cegah Kemacetan dan Laka Lantas, Satlantas Polresta Palangka Raya Lakukan Pengaturan Arus Lalin

BERITA UTAMA

Forum Rogojampi bersatu peduli kaum dhuafa dan yatim piatu.

Artikel

DANREM 174/ATW MEMBERIKAN PEMAHAMAN PESTA DEMOKRASI DAN NETRALITAS TNI MELALUI JAM KOMANDAN

BERITA UTAMA

Lagi, Brebes Raih Penghargaan Top BUMD Award

BERITA UTAMA

Bersama Forkopincam, Koramil 19/ Kuwarasan Pantau Jalannya Seleksi Perangkat Desa

BERITA UTAMA

LAKSANAKAN SIDANG TPP DI RUTAN NGANJUK, PK BAPAS KEDIRI KAMPANYEKAN PEMBERANTASAN PUNGLI DAN GRATIFIKASI

BERITA UTAMA

Kodim 0731/Kulon Progo Asah Kemampuan Menembak Prajurit