Home / BERITA UTAMA / DAERAH / HUKRIM / INVESTIGASI / NASIONAL / TNI-POLRI / Uncategorized

Sabtu, 7 Januari 2023 - 12:09 WIB

Babinsa Motivasi Warga Selesaikan Penambalan Tanggul Sungai Sibiyuk

Brebes – Serda Ikhsan, Babinsa Kemiriamba Koramil 02 Jatibarang Kodim 0713 Brebes, masih menyemangati warga desa binaannya (Desa Kemiriamba Kecamatan Jatibarang Kabupaten Brebes) untuk segera menyelesaikan pekerjaan penambalan tanggul Sungai Sibiyuk yang jebol sehingga menyebabkan banjir besar yang menggenangi desa tersebut dan setidaknya 5 desa tetangganya pada Kamis malam 4 Januari 2023.

Tampak Ikhsan bersama warga setempat bekerjasama langsir karung berisi pasir untuk menambah ketinggian tanggul darurat yang sehari sebelumnya dibuat warga bersama TNI-Polri dan para relawan lainnya.

Disampai babinsa, walaupun warga setempat sedang sibuk bersih-bersih rumah dari sampah dan lumpur pasca banjir, namun pekerjaan penambalan tanggul harus segera diselesaikan untuk menghindari musibah serupa.

Terpisah disampaikan Danramil 02 Jatibarang, Kapten Arhanud Suryadi SH, pekerjaan pagi ini masih melanjutkan pekerjaan sebelumnya yaitu membuat tanggul darurat sepanjang kurang lebih 35 meter dengan ketinggian 3-4 meter dengan karung pasir dan dolken sebagai penahan.

Baca juga  Jalin Silaturahmi dengan Tokoh Agama, Polsek Kahayan Kuala Lakukan Baksos di Yayasan Pondok El-Fata

“Akibat jebolnya tanggul Sungai Sibiyuk di belakang rumah Bapak Sumatro warga RT. 04 RW. 02 Desa Kemiriamba ini maka banjir besar berskala luas terjadi pada Kamis malam sampai Jumat pagi (4-5/1) dengan ketinggian air terparah mencapai 2 meter,” terangnya, Sabtu (7/1/2023).

Lanjutnya, keenam desa tetangga yang terdampak banjir yang dipicu hujan deras selama enam jam lebih di wilayah Kabupaten Brebes dan Tegal itu meliputi Desa Jatibarang Kidul, Jatibarang Lor, Klikiran, Tegalwulung dan Desa Karanglo.

“Tanggul itu jebol karena tidak mampu menahan debit air kiriman dari wilayah Kecamatan Lebaksiu dan Balapulang Kabupaten Tegal,” sambungnya.

Baca juga  KANIT BINKAMSA SAT BINMAS POLRES PULPIS SAMBANG DIALOGIS DENGAN SATPAM BANK BRI CABANG PULPIS

Saat banjir terjadi, warga yang mayoritas ibu-ibu dan anak-anak sempat mengungsi ke tempat yang lebih aman dengan bantuan perahu karet dari para relawan (BPBD, SAR, PMI, TNI dan Polri), dikarenakan kedalaman air di atas satu meter.

Sempat tercatat sebanyak 202 jiwa mengungsi di masjid dan mushola, yakni 52 jiwa mengungsi di Masjid Jami Al Ittihad Jatibarang, 100 jiwa di Masjid Desa Kemiriamba, dan 50 jiwa mengungsi di mushola Desa Kemiriamba.

Arus lalu lintas juga sempat terganggu akibat dari banyak kendaraan roda dua dan empat yang mogok karena mencoba menerobos banjir.

Mewakili warganya, Suryadi berharap agar segera ada respon yaitu perbaikan tanggul secara permanen sehingga banjir serupa tidak terulang lagi. (Fauzi)

Share :

Baca Juga

BERITA UTAMA

Indahnya Berbagi dari Polisi di Sidoarjo Saat Laksanakan Tugas Pengaturan Lalulintas Media target

BERITA UTAMA

Dukung Program Pemerintah Ba Tuud Koramil 1612-03/Reo Bersama Masyarakat Tanam 1000 Bibit Pohon Kelor

Uncategorized

Bhabinkamtibmas Polsek Pandih Batu Bagikan Nomor HP Bagi Warga Butuh Pertolongan

Uncategorized

Hendra Asisten PT. SSA Singkawang Diduga Melakukan Intimidasi Kepada Wartawan Metro 7.

BERITA UTAMA

Terapkan Prokes, Personil Polsek Kahayan Tengah Bagikan Masker Ke Masyarakat

Uncategorized

Personil Polsek Kahayan Kuala terus Patroli malam hari, guna cegah kejahatan

BERITA UTAMA

Komitmen Menjaga Harkamtibmas, GP Ansor dan Banser se-Sumatera Barat Gelar Ikrar Bersama

Uncategorized

Kanit Binmas mensosialisasikan Karhutla ke warga